Rangkaian Kegiatan P5 Tema Kearifan Lokal

Selama 5 hari SMK Kesehatan Adi Husada mengadakan kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Tema yang dipilih saat ini adalah Kearifan Lokal dan dilaksanakan dari kelas X, XI, dan XII. Dari tema tersebut tujuan yang ingin dicapai berbeda-beda di setiap jenjangnya. Untuk siswa kelas XII berfokus pada pembuatan jamu tradisional. Di kelas XI difokuskan pada pembuatan makanan dan minuman tradisional. Sedangkan di kelas X membuat pagelaran seni, ada tarian, drama, dan juga tembang. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 2-6 Oktober 2023.

Pada hari pertama, siswa kelas XII melaksanakan Workshop Pembuatan Jamu Tradisional. Pemateri kegiatan tersebut adalah Apt. Risa Hermawati, S.Si dan didampingi oleh Fasilitator. Tidak hanya diisi materi, kegiatan ini juga praktik langsung pembuatan jamu tradisional. Siswa membedakan jamu iris, bubuk, dan udekan. Sedangkan siswa kelas XI adalah pengenalan apa itu makanan tradisional dan asal-usulnya dan persiapan untuk keesokan harinya kunjungan ke Patirtaan Ngawonggo. Sedangkan untuk siswa kelas X pengenalan tentang Kearifan Lokal dan membuat video Siap Melaksnakan P5 dan di tag ke akun P5 SMK Kesehatan Adi Husada.

Pada hari kedua, siswa kelas XII melakukan riset dan perancangan dan konsultasi Produk Jamu yang akan dibuat. Sedangkan pada siswa kelas XI melaksanakan kunjungan ke Situs Patirtaan Ngawonggo. Di sana mereka belajar membuat minuman wedang tomboan secara tradisional, pengenalan kue dan makanan tradisional, dan belajar memanen dan mengambil air secara tradisional. Di sana siswa menyatu dengan alam dan melaksanakan kegiatan tanpa membawa handphone. Sedangkan siswa kelas X latihan untuk persiapan pagelaran seni.

Pada hari ketiga, siswa kelas XII mempresentasikan hasil riset dan rancangan produk jamu tradisional yang akan dibuat. Siswa kelas XI melakukan riset tentang makanan tradisional di Indonesia dan merancang pembuatan video ulasan dengan tema makanan tradisional di Indonesia. Siswa kelas X melakukan latihan persiapan pagelaran seni yang akan dilaksanakan di tanggal 6 Oktober 2023.

Pada hari keempat, siswa kelas XII praktik pembuatan jamu tradisional. Praktik ini dilakukan di sekolah didampingi oleh para fasilitator yang bertugas. Pada siswa kelas XI membuat video ulasan dengan tema makanan tradisional yang kemudian diunggah di media sosial. Siswa kelas X melaksanakan gladi bersih sebelum besok waktunya untuk tampil di panggung.

Puncaknya, pada tanggal 6 Oktober 2023 dilaksanakan pembukaan Pagelaran Seni P5. Siswa kelas X dibagi menjadi 6 kelompok untuk menampilkan pagelaran seni. Seperti Tarian, Drama Ramayana, Prosesi Manten Jawa, Drama Roro Jonggrang, Drama Tari Gunung, dan Drama Medley Dolanan, diakhir acara siswa kelas X menampilkan Flashmob Tari Turonggo Yakso didampingi oleh Ibu Dieseta, S.Pd. selaku koordinator fasilitator kelas X. Siswa kelas XI melaksanakan bazar yang dilakukan di area parkir SMK Kesehatan Adi Husada. Siswa kelas XII mengikuti kegiatan pembukaan acara Job Fair dan mendapatkan presentasi dari Iduka dan Kampus di Ruang Serbaguna SMK Kesehatan Adi Husada.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 dan selesai pukul 13.30 diakhiri dengan pembagian hadiah pada seluruh kelas karena telah aktif dan berpartisipasi pada kegiatan P5 kali ini. Berikut ini beberapa dokumentasi kegiatan P5 dari tanggal 2-6 Oktober 2023

Foto bersama siswa kelas XI dengan guru dan Pemateri dari Ngawonggo
Siswa mengolah sayuran hasil panen untuk makan siang
Siswa sedang belajar tentang jajanan tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *